Lapas Tangerang Terbakar, 41 Orang Tewas

Lapas Tangerang Terbakar, 41 Orang Tewas
Lapas Tangeraang, Rabu (8/9/2021) dinihari ludes terbakar (foto istimewa)

Tangerang, Jnews

Kebakaran hebat Rabu  (8/9/2021) dinihari meluluhlantakan sebagian blok bangunan  Lapas Pemuda Klas I Tangerang .

Lapas tersebut pertama kali dilaporkan terbakar sekitar pukul 02.00 WIB, namun berdasarkan keterangan saksi di lapangan api mulai berkobar sekitar pukul 01.45 WIB.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imron menjelaskan bahwa saat ini api sudah berhasil dipadamkan sejak pukul 03.00 WIB. Sementara itu seluruh warga binaan yang selamat telah dievakuasi dan petugas juga sudah melakukan olah TKP.

"Kami sudah melakukan pengamanan TKP dan penyelamatan terhadap warga binaan serta upaya untuk memadamkan dan mengisolasi agar api tidak meluas ," ujar Kapolda di lokasi kejadian.

Saat petugas melakukan evakuasi ,  ditemukan adanya korban luka berat sebanyak 8 warga binaan, luka ringan sebanyak 72 warga binaan dan meninggal dunia sebanyak 41 warga binaan.

Seluruh korban hingga siang inni sudah berhasil dievakuasi ke rumah sakit terdekat.Sementara yang selamat diungsikan ke blok yang tidaak terbakar.

Untuk sementara ini tim Puslabfor Mabes Polri bersama Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota sedang melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya kebakaran di Lapas Klas I Tangerang blok C2. Kondisi sementara saat ini sudah terkendali dan belum dipastikan penyebab kebakaran.

 Kronologis Kebakaran Lapas Tangerang

 Menurut beberapa sumber yang dihimpun Jagatnews di lapangan, kebakaran hebat di Lapas Tangerang, baru berhasil dipadamkan sekira jam 3 pagi. Api diketahui mulai membakar lapas selama 2 jam, mulai jam 01.45 WIB.

Menurut  Kapolrestro Tangerang, Kombes Pol Deonijiu De Fatima , kronologis peristiwa nahas itu. Berawal dari kobaran api dari Blok C.  Api dengan cepat membesar   terlihat sekira jam 01.45 WIB

"Api berhasil dipadamkan jam 3 pagi. Kemungkinan besar kebakaran ini berlangsung selama dua jam lebih," kata Deonijiu, kepada wartawan di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Saat api membesar, napi penghuni Blok C bersama dengan anggota jaga melaksanakan pengecekan ke ruang tahanan Blok C dan berusaha untuk melakukan evakuasi.

Namun, dalam proses evakuasi itu, petugas hanya berhasil menyelamatkan  20 orang napi. Sedang sebanyak 100 orang napi dilaporkan tidak berhasil dilakukan evakuasi karena api yang semakin membesar. 

(r/n)