SANTRI MENGHAFAL Al QURAN DI ATAS BATU

jagatnews.com
Para santri sedang menghafal Al Quran di atas batu kali

Tegal, Jnews

Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu.Belajar di waktu tua bagai mengukir di atas air.Meski tak berhubungan langsung dengan makna yang sebenarnya, namun demikianlah yang terjadi di Pondok Pesantren Al Imam Al Nawawi di Desa Batu Agung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Ratusan santri di pesantren yang mengkhususkan menghafal Al Quran ini, begitu akrab dengan batu batu besar yang ada di sekitar pondok.

Seperti juga nama desa yang tak jauh dari kata batu, bebatuan besar ada di mana mana.Tak terkecuali di lingkungan pondok. Santri dengan santai menghafal utamanya Al Quran di atas batu batu besar di bantaran kali.

"Subhanalloh anak anak begitu senang dan semangat menyatu dengan alam saat belajar." ujar Ustadz Sirodjudin Al Blubuki, salah satu ustadz pembimbing para santri.

Selain belajar di atas bebatuan di alam bebas, santri juga belajar di saung saung terbuka yang dijadikan kelas bagi para santri belajar secara klasikal.

Keberadaan santri yang belajar di alam bukan berarti pesantren melupakan gedung sebagai sarana. Masjid dan sarana santri lain seperti asrama dan ruang kelas permanen tetap tersedia.Bahkan kini satu lokal bangunan tambahan buat asrama dan sekolah sedang dalam proses pembangunan.

Namun santri tetap diajarkan akrab dengan alam termasuk berkuda, memanah dan belajar bertani serta beternak menjadi satu diantara kurikulum yang diajarkan.

Abu Abiyyu / r/ag