DI SAUNG SANTRI MENGHAFAL AL QURAN

jagatnews.com
Salah satu saung tempat belajar santri

 

Tegal, Jnews

Bersahabat dengan  alam merupakan bentuk penanaman nilai nilai mengenal sifat RububiyyahNya  Allah Azza Wajalla.. Mengenal keagungan ciptaanNya dan akan menimbulkan rasa menjaga dan mensyukurinya. Salah satu pengenalannya yakni menerapkan KBM di alam terbuka.tanpa sekat dinding kelas dan menyatu dengan alam.

Agaknya nilai nilai inilah yang disadari Pembina Pondok Pesantren  Al Imam Al Nawawi Al Islami  di Desa Batu Agung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Jawa Tengah.KH  Junaedi Abdillah Pembina pesantren berbasis hafalan (tahfidz) Quran ini membenarkannya.

Menurut KH Junaedi Abdillah sedikitnya 6 saung telah disediakan di sekitar pesantren sebagai sarana belajar santri. Saung saung tersebut berdiri di bawah rindangnya pohon berfungsi sebagai kelas belajar bagi para santri.

Banyak keuntungan dan faedah belajar di saung , udara lebih fres dan suasana lebih nyaman, rileks, anak tidak akan suntuk dan bosan, anak bisa mengekplorasi dan menumbuhkan rasa menghargai alam, anak akan bisa belajar langsung mempraktikan pengetahuan yang didapatkan di lapangan tidak sekedar teorinya saja, sehingga dampaknya anak akan lebih terbuka, kritis dan percaya diri karena lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk aktif.

"Insa Alloh, belajar model seperti ini manfaatnya jauh lebih baik dibanding belajar secara konvensional di dalam kelas, " lanjut  Sang Kyai .
 
Pemanfaatan saung sebagai sarana belajar di Pesantren Al Imam Al Nawawi Al Islami ini, diperuntukan bagi santri yang menempuh pendidikan tingkat SMP maupun SMU .

Keberadaan saung saung ini juga berguna lain yakni sebagai tempat melepas penat para wali santri yang berkunjung.

(Abu Abiyyuzar /jnews)