HARI PEMBERSIHAN DUNIA DI TEGAL

jagatnews.com
Para relawan bersih bersih sampah di Pantai Larangan Kramat

 


Tegal, Jnews

Sampah merupakan salah satu halangan besar bagi suatu bangsa. Tak luput juga bangsa Indonesia yang kini menjadi negara penyumbang sampah terbesar nomor dua di dunia.

Dengan dunia di bawah ancaman krisis sampah, istilah Go Green kini menjadi tren dunia. Semua orang beramai-ramai mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan alternatif lain.

Tapi, hanya dengan mengurangi tidak akan menghentikan masalah tentang sampah yang menumpuk. Mengatasi hal ini, WCD (World Clean Up Day) menjadi salah satu ajang penanggulangan. Menurut Wikipedia,  WCD atau Hari Pembersihan Dunia adalah program aksi pembersihan global untuk memerangi masalah limbah padat termasuk puing-puing laut.

 

Kabupaten Tegal juga ikut serta dalam kegiatan ini. Pada hari Jumat dan Sabtu, dilaksanakan kegiatan pembersihan pantai Larangan di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pantai merupakan tempat wisata yang digemari banyak orang. Sebagai tempat kumpulnya banyak orang maka,  sampah pun akan mudah ditemukan di tempat tersebut. Melimpahnya sampah di pantai ini mendorong pemerintah Kabupaten Tegal  melaksanakan kegiatan pembersihan pantai.

Aksi bersih bersih di pantai tersebut  dilakukan  para sukarelawan yang terdiri dari perwakilan sekolah, komunitas-komunitas, dinas, instansi pemerintah serta FORKOMPINDA se-Kabupaten Tegal dipimpin langsung Bupati Tegal Umi Azizah.

Dalam sambutannya, Umi  berpesan untuk selalu menjaga kebersihan dalam rangka membangun Tegal bersih dan ikut serta membantu Jawa Tengah yang 'resik'.

"Mudah mudahan kegiatan ini memotivasi masyarakat Tegal untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, " ujar Umi Azizah.

(fatih almas a)