PESANTREN TAHFIDZ AL IMAM AN NAWAWI TEGAL

jagatnews.com
Salah satu bangunan yang sedang dalam proses pembangunan

 

Tegal, Jnews

Berdiri di Desa Batuagung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Pesantren Tahfidz Quran Al Imam An Nawawi menjadi salah satu pesantren rujukan bagi  bagi para penghafal Al Quran yang ada di Tegal.

Menempati tanah wakaf di tanah luas di sebuah bukit berlatar hutan pinus di punggung sebelah utara Gunung Slamet berdekatan dengan Taman Wisata Guci, pesantren ini telah berdiri sejak tahun 2017.

Kini pesantren terus berbenah menata sarana dan prasarana, sumber daya manusianya serta terus berupaya untuk menjadi pesantren pusat penghafal Al Quran yang mandiri di Kabupaten Tegal.

Menurut pembina sekaligus pemimpin pesantren Al Imam An Nawawi  KH Junaedi Abdillah, keberadaan pesantren ini sudah dikenal luas masyarakat di sekitar Kabupaten Tegal. Kota Tegal Brebes Pekalongan Pemalang dan Indramayu Jawa Barat , bahkan sudah sampai ke luar Jawa khususnya Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan.Hal itu  ditandai dengan keberadaan 200 orang  santri baik putra maupun putri yang berasal dari daerah tersebut.

Para santri dibina para Ustadz lulusan universitas di Madinah Arab Saudi  serta LIPIA yang ahli di bidangnya.Dengan mengkhususkan pesantren dihafalan Al Quran.Targetnya lulus dijenjang SMP santri bisa menghafal 20 juz dan begitu naik ke jejnang berikutnya SMA diharapkan santri bisa menguasai hafalan 30 juz Al Quran.
   
Menurut kyai muda ini, selain para santri reguler yang diserahkan orang tuanya untuk mondok, sebagian diantaranya juga ada  anak anak yatim yang dibebaskan dari biaya.

"Saat ini kami diamanati 170 santri  dengan program tadribud Du'at dan Tahfidzul Quran. Dari jenjang SMP dan  SMU. " jelas KH Junaedi Abdillah

Kini dengan menempati 1 unit bangunan yang diperuntukan bagi  asrama putra, kantor dan kelas, serta 1 buah masjid, dan 6 buah saung belajar,  sarana belajar tersebut  masih jauh dari kata  ideal.

Tahun ini proyek sarana pesantren berupa  15 lokal bangunan buat kelas dan asrama putri, 5 rumah untuk para ustadz yang mengajar, sedang dibangun dengan anggaran 5,9 milyar lebih. Bagi anda yang ingin menyalurkan dana sodaqoh jariah silahkan salurkan dana anda melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) KCP Balapulang dengan nomor 6062-01-022718-53-6 dan Bang Mandiri  KCP Jl.Jend.Sudirman Kota Tegal dengan nomor 139-000-3377-003 atas nama Ponpes Al Imam An Nawawi Al Islami . Caranya sertakan angka 100 di akhir nominal transfer untuk menandai dana doanatur anda.Misalnya Rp.1.000.100 dan konfirmasikan via SMS atau WA ke  nomor  0823 2860-1440 (Admin Pesantren).

(r/ Abu Abiyyuzar)