SANTRI DIKENALKAN THIBBUN NABAWI

jagatnews.com
Para Santri ikuti penyuluhan thibbun nabawi (foto istimewa)

Tegal, Jnews

Menjaga kesehatan itu lebih utama daripada mengobati.Namun bila penyakit sudah datang, maka pengobatan harus dilakukan.Terus bagaimana cara berobat atau mengobati (proses penyembuhan suatu penyakit) menurut Islam ?

Bagi umat Islam mencegah dan cara pengobatan suatu penyakit juga sudah diatur dan dicontohkan Rosulullah SAW.

Inilah yang kita sebut Thibbun Nabawi menjaga kesehatan (termasuk di dalamnya mengobati penyakit) dengam cara cara yg sudah dicontohkan Rosulullah SAW.

Cara mencegah, mendeteksi dan  pengobatan penyakit sesuai syariat Islam inilah yang diajarkan sejumlah pakar Thibbun Nabawi kepada para santri di Pondok Pesantren Al Imam An Nawawi Tegal, dalam kegiatan Penyuluhan Kesehatan beberapa waktu lalu.

Para pakar mengajari bagaimana menolong teman yang sakit, mengambil tindakan pertolongan pertama dan mempraktekannya secara langsung.

"Seru sih kita jadi tahu langkah langkah pencegahan penyakit dan pengobatan ," tutur Abiyyuzar salah satu santri yang ikut serta dalam program thibbun nabawi.

Menurut banyak refrensi dalam Islam definisi thibbun nabawi adalah (metode) pengobatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang beliau ucapkan, beliau tetapkan (akui) beliau amalkan, merupakan pengobatan yang pasti bukan sangkaan, bisa mengobati penyakit jasad, roh dan indera

Perlu kita ketahui bahwa konsep thibbun nabawi adalah konsep kedokteran yang kompleks sebagaimana kedokteran yang lain. Dalam thibbun nabawi perlu juga kemampuan mendiagnosa penyakit, meramu bahan dan kadarnya, mengetahui dosis obat dan lain-lain.
Namun semuanya bermuara kepada Allah aza wajalla.Karena bila kita sakit Allah lah yang  menyembuhkannya.

(r/ag)