NASA LUNCURKAN PAKAIAN BARU UNTUK MENDARAT DI BULAN

jagatnews.com
Foto: NASA

Badan antariksa AS, NASA, meluncurkan prototipe pakaian antariksa baru yang akan dipakai oleh para astronot di Bulan dalam program Artemis, dengan misi mendaratkan kembali manusia di Bulan pada tahun 2024

Pakaian yang diberi nama Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU), telah mengalami peningkatan di segi kenyamanan dan mobilitas untuk digunakan di Bulan.

foto: REUTERS

Insinyur NASA, Amy Ross mengatakan, pakaian baru ini memberi mobilitas yang lebih baik kepada para astronot untuk melakukan bermacam gerakan di bulan yang tidak dapat dilakukan oleh pakaian antariksa di era Apollo dulu serta memberikan perlindungan terhadap debu bulan yang abrasif dan melekat di pakaian astronot.

Alat penunjang kehidupan di pakaian ini dapat memasok oksigen selama 8 jam plus satu jam untuk cadangan.

NASA juga memperkenalkan pakaian antariksa Orion Crew Survival System, berwarna oranye besera helm-nya yang akan digunakan oleh kru pesawat ruang angkasa Orion.

Pakaian antariksa untuk para kru Orion ini didesain agar sesuai dengan tempat duduk di dalam modul dan melindungi astronot dari insiden perubahan tekanan udara yang tidak disengaja, di mana tekanan udara di dalam pesawat ruang angkasa mendadak hilang atau mendekati hampa udara.

HTj/JNews