DALANG BULE

jagatnews.com

Jakarta, JNews. Apa benar kita sudah bisa mengekspor budaya? Kalau melihat merebaknya penyanyi pop Korea atau K-Pop yang mendunia, kita tentu harus mau dengan sukarela mengibarkan bendera putih alias kalah.

Tapi tunggu dulu, bukan berarti budaya Indonesia tidak dikenal di luar negeri. Baju batik sudah mejeng dalam perhelatan tingkat dunia. Dikenakan oleh pemimpin-pemimpin negara di konferensi internasional. Batik satu contoh, netizen minta contoh lainnya. Ok, mari kita urai bersama.

Ini contoh lainnya, dalang, sang sutradara pewayangan. Yang kita kenal dalang wayang kulit atau wayang golek yang bentuknya boneka, tiga dimensi. Mendalang boleh dikata satu kemampuan berkesenian dengan tingkat kesulitan yang mendekati paripurna. Menjadi dalang seseorang harus bisa bernyanyi, paham seni drama dan punya kadar sense of humor tingkat tinggi. Dia juga harus mengerti seni sungging atau seni pahat, untuk mengenali ratusan tokoh wayang dengan berbagai karakter. Lalu ekspor dalangnya gimana?

Meski susahnya luar biasa, ternyata ada orang luar negeri yang menjadi dalang.
Gaura Mancacaritadipura dari Australia. Kenal wayang tahun 1997 silam dan langsung jatuh cinta dan memutuskan untuk belajar mendalang.

Gaura Mancacaritadipura

Gaura Mancacaritadipura

Ada juga Matthew Isaac Cohen dari Amerika. Dia belajar mendalang tahun 1988, saat kuliah di ISI Solo.

Mattew Cohen

Matthew Isaac Cohen

Yang dari Jepang juga ada. Ryo Matsumoto. Matsumoto memainkan wayang kulit dengan bahasa Jepang, ketika pentas di negaranya.

Kalau di eropa, Urban Wahlstedt contohnya.  Pria asal Swedia ini salah satu dalang bule yang mampu menampilkan pertunjukan wayang dengan baik.

Bagas Hapsoro, Dubes Indonesia untuk Swedia memberikan wayang kepada Urban Wahlstedt saat akan mendalang di Stockholm, November 2018.

Seorang dalang yang tampil, pasti diiringi oleh para pemain gamelan yang jumlahnya bisa belasan sampai puluhan. Dalam penampilannya dalang mungkin tidak disambut segegap gempita K-Pop yang digandrungi anak muda, tapi dalang mampu menebarkan seni karawitan atau gamelan, seni drama dan seni pewayangan itu sendiri. Apalagi dalang bule yang tampil di negara asalnya. Otomatis mereka adalah eksporter sekaligus importer budaya Indonesia.