KAWASAN HUTAN PURBA LOMBOK

jagatnews.com
Pohon Lian (Foto: Johan Pramudya)

Nusa Tenggara Barat / JNews - Gili Trawangan, Festival Bau Nyale, Pantai Senggigi atau Gunung Rinjani adalah beberapa destinasi wisata populer di Lombok. Namun ada juga lho tempat yang tidak kalah menarik di Lombok, yaitu kawasan hutan purba.

Hutan Purba ini terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Priggabayan, Kabupaten Lombok Timur, yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Mataram. Kawasan seluas 17 hektar ini, bisa menjadi salah satu tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, karena terdapat sekitar 30 pohon berukuran raksasa. 

Pohon purba atau yang lebih dikenal dengan pohon Lian, berusia 350 tahun dan dipercaya masyarakat setempat terbawa arus dari Australia, saat terjadi tsunami ratusan tahun lalu. Pohon Lian ini memiliki tinggi rata-rata 40 hingga 50 meter. Lingkar batang pohon ini sangat besar, butuh empat sampai lima orang dewasa untuk mengelilinginya.

Selain di Lombok, pohon ini juga tumbuh di Australia dan Afrika. Pohon ini tidak boleh ditebang karena dilindungi oleh undang-undang. Bahkan jika pohon tersebut tumbang, akan dibiarkan begitu saja.

Biar tidak penasaran, sobat traveller bisa langsung datang untuk melihatnya saat liburan ke Lombok.

LeNjo / Jnews