GILI TRAWANGAN KEMBALI MENGGELIAT

jagatnews.com
Pesona Gili Trawangan (Foto: Johan Pramudya)

Nusa Tenggara Barat / JNews - Tampaknya jargon "kalau belum ke Gili maka belum ke Lombok", harus kembali kita dengungkan lagi, pasca gempa yang memporak-porandakan wilayah ini Agustus 2018 silam, agar denyut nadi Gili (pulau kecil) ini kembali berdetak dan menarik perhatian para wisatawan.

Dari 3 Gili, Gili Trawangan adalah salah satu Gili dengan panorama menarik dengan fasilitas lengkap, sehingga menjadi tujuan utama para wisatawan. Namun keindahannya sempat memudar akibat gempa bumi berkekuatan 7,2SR. Hingga kini, Gili Trawangan masih belum kembali ke kondisi awal, meskipun perlahan sudah kembali bersolek di sana sini.

Kali ini saya bersama dengan rekan-rekan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), berkesempatan berkeliling Gili Trawangan, untuk melihat langsung kondisi terkini pasca gempa. Suasana masih belum terlalu ramai dan belum banyak terlihat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Biasanya banyak wisatawan yang berjemur dan mencoba berbagai kegiatan air, seperti scuba diving, snorkeling, melihat terumbu karang dari bottom glasses atau sekadar menikmati suasana pantai sambil duduk-duduk di cafe, menunggu sunset.

Di beberapa titik, saya masih melihat sisa reruntuhan bangunan yang tertinggal saat gempa, sementara deretan kursi untuk berjemur masih menunggu datangnya tamu.

Semoga dengan sentuhan dari pemerintah, pesona Gili Trawangan dapat pulih kembali seperti sedia kala.

LeNjo / Jnews