SANTRI BERLOMBA RAIH TARGET 5 JUZ

jagatnews.com
Para santri menyetorkan hafalan . (foto jnews)

Tegal, Jnews

Bagi para santri di Pesantren Al Imam An Nawawi menghafal Quran memang wajib.Bahkan hafalan yang harus disetor selama satu semester 3 sampai 5 juz.

Tentu saja ini real bukan main main apalagi pesantren menjadikannya sebagai target yang harus dimulai para santri begitu menginjak asrama pesantren hingga satu semester atau 6 bulan ke depan.

Menurut Ustad Achmad Wahyudi, pembimbing santri di Pondok Pesantren  Al Imam An Nawawi,  di Desa Batu Agung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, target 3 hingga 5 jus sangat realistis dan wajar.Pasalnya sudah diperhitungkan dengan kemampuan rata rata santri dalam kemampuannya menghafal.

"Insyaallah bisa tercapai.Ya meskipun ada juga yang tidak memenuhi target.Tapi secara umum mampu memenuhi target." tutur Ustad Wahyudi di sela para santri mengikuti ujian akhir semester (UAS).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pesantren Al Imam An Nawawi sebagai pondok pesantren yang  mengkhususkan hafalan Quran kini terbukti para santrinya bisa memenuhi target pesantren 3 sampai 5 jus selama satu semester.

Ustad Wahyudi menjelaskan bahwa ujian setoran hafalan sudah dilakukan sejak 16 hingga 21 November 2019 kemarin. Selama satu minggu full para santri seluruhnya menyetorkan hafalannya kepada ustad yang ditunjuk untuk masing masing santri.

Dari 150 an santri mereka ditargetkan hafal  3 jus untuk kelas 1 smp satu semester. Sementara bagi santri SMU ditargetkan 5 jus dalam satu semester.

Itu makanya tak heran bila para santri terus terpacu berlomba lomba untuk meraih target.

Beban berat memang tapi kalau diniatkan ikhlas dan didukung dengan doa orang tua santri maka target 3 hingga 5 jus akan terlampaui.Insyaallah.

(Abu Abiyyu)